The Last Harvest: Leunca & Surawung

Wednesday, September 20, 2006

Buat orang Sunda, nama leunca ama daun surawung udah nggak asing di telinga. Buat yang belum tau, leunca ama surawung itu jenis tumbuhan sayuran yang banyak ditemukan di tanah Jawa Barat. Biasanya leunca dibuat lalapan, tapi kalau leunca ama surawung biasa dibuat jadi Karedok. Apalagi di tanah Amrik... ini bener-bener authentic, karena ditanam di kebun sendiri di belakang rumah...



Ceritanya tante di Issaquah yang jago masak ngajak aku makan siang di rumahnya. Blio biasa ngundang makan, dan selalunya suka bikin special Sundanese food.
Wah jadilah aku dateng jam 2.00pm abis nge-drop keponakan yang hari itu gag sekolah karena ke Puyalup Fair. Selain last harvest, ini juga makan siang bareng sebelum datangnya bulan puasa yang tinggal 3 hari lagi.
Nyampe disana langsung di bawa ke kebon asri di belakang rumah. Blio ini bertangan dingin, udah jago masak, bertanam macem-macem dari kunyit, bawang daun, jeruk purut dan yang ini leunca, surawung, cengek juga... Aduuh asik deh pokoknya, mana udara udah mulai dingin. Ini last harvest katanya, soalnya kalo udara makin dingin bakalan rontok dan gag berbuah lagi. Blio bawa special bijinya dari Indo terus ditanam di sini. Katanya ibarat emas karena di tanah Amrik... ditanam dan disayang-sayang..



Akhirnya kami barengan buat sambel karedoknya, wangi daun surawung langsung semerbak...khas karedok. Ini yang jadi utama menu makan siang.
Lauk lainnya ada ayam goreng, gepuk, bistik daging.
Komen.... nikmaaattt, gembul iya... nambah berapa kali nasinya juga... Alhamdulillah.

Labels:



4 Comments:

At 9/29/2006 01:36:00 AM, Blogger Lenny Adziman said...

wuaaa.. leunca.. surawung.. aduuh.. MamaCat, meni sono :D
pasti makannya tambah enak deh pake sambel leunca, ponyo gitu hehehe :D

 
At 9/29/2006 09:43:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Huu .. ngabibita nih .. meni nimat eta makanan. Jadi inget pas dulu makan di sana .. hm.. yum .. salam ya ka ibu anu pinter masak tea.

 
At 10/24/2006 02:36:00 AM, Blogger Jasmijn & Hannah said...

Hm...emang kalo pohon2 langka (baca nggak dijual di toko2) pasti deh bener2 disayang2. Pas panen juga rasanya sayang...berhubung udah mau musim gugur ya harus dipanen juga hehehe...kayak tomat & cabe saya tuh...Mamacat Maaf lahir bathin ya. Semangat terus ngerajutnya...

 
At 8/24/2007 07:21:00 AM, Blogger r3 said...

Huaaaaa...! leuncaaaa... mau dong mbak... Ada daun kemangi juga ya... dapat bibitnya dari mana? Aduuh kepengen.. Hayo kasih tau ya mbak...
Salam kenal dari VA.. mbak dimana sih?

 

Post a Comment

<< Home