The Frankenstein series by Dean Koontz

Monday, June 27, 2005


Book One: The Prodigal Son
Kata pembukanya Every city has a secret, but none as terrible as this.
Ini buku pertama karya Koontz yang aku baca, dia terkenal dengan cerita suspense thriller. Seperti buku ini, keliatannya dia mau bikin serial Frankenstein series 21st century.
Welcome to the mad world. Pengambilan cerita di New Orleans, karena kota ini humid dan agak mystic sehingga cocok untuk menunjang cerita ini.
Tokoh-tokoh yang ada:
Victor Helios aka Victor Frankenstein. Dia seorang bilyuner, scientist yang banyak mengerjakan percobaan dan cloning makhluk hidup. Ciri makhluk ciptaanya selalu mempunyai 2 jantung. Helios ingin mengganti semua manusia di muka bumi dengan makhluk ciptaannya yang sudah diprogram untuk mematuhi perintahnya. Manusia ciptaannya disebut The New Race.
Deucalion, monster ciptaan pertama Victor 200 tahun yang lalu. Badan dan organnya terbuat dari sisa-sisa penjahat di kuburan seperti pembunuh, child molester etc.
Carson O'Connor seorang detektif wanita yang menangani kasus pembunuhan. Dia tinggal dengan Vicki (roommate) dan adiknya Arnie yang mempunyai autistic.
Michael Maddison, detektif pria yang menjadi partner Carson.
Erika 4, istri ke 5 dan ciptaan Helios.
Randall 6, ciptaan Helios yang badan dan organnya terbuat dari macam-macam penderita autism.

Deucalion kembali ke New Orleans dari tempat persembunyiannya di Tibet. Badannya yang hampir hancur sudah dibetulkan dan diberi banyak tatto sehingga mendapat julukan Tattooed Man. Dia kembali ke NO karena salah satu kawannya Ben dibunuh dan mendapatkan Helios masih hidup awet muda selama 200 tahun. Big Jelly juga salah satu ciptaan Helios. Para detektif juga sedang menghadapi kasus ini juga mendapatkan kasus serial killer. Serial killer ini membunuh dengan membius cloroform ke korbannya kemudian mengambil anggota-anggota badan yang diperlukan, seperti tangan, kaki, jantung, mata dan dikumpulkan di dalam lemari es. Detektif curiga setelah melihat Ben, karena badannya sangat aneh, dan profiler mengatakan ini designer body.
Kemudian Deucalion muncul menemui Carson dan menceritakan asal-usulnya dan sejarah Helios.
Rupanya makhluk-makhluk ciptaan Helios mulai menunjukkan gejala ketidak patuhan dan menyimpang dari program. Salah satu detektif, Jonathan Hawker, ciptaan Helios rupanya yang menjadi serial killer. Orang-orang di departmennya curiga karena bukti-bukti data mulai hilang satu per satu. Helios pun mulai takut, dan dia tidak segan-segan untuk membunuh orang-orangnya yang tidak patuh lagi.
Akhirnya O'Connors percaya dengan Deucalion dan dia menjadi penunjuk kasus serial killer ini.

Isi cerita ini seram juga dan saya penasaran sampai habis. Serial ini dilanjutkan di buku ke dua.


Book Two: City Of Night
Makhluk-makhluk ciptaan Helios disebut New Race Generation dan yang manusia biasa disebut Old Race. Helios sudah banyak mencloning manusia2 di New Orleans supaya mentaati perintahnya, dan tidak akan bisa membunuh penciptanya. Cloning dia termasuk polisi, para petinggi beaurucrat, pendeta dll. The New Race mempunyai kemampuan yang lebih kuat fisiknya, cepat sembuh dan bergerak sangat cepat dalam keadaan apapun.
The New Race generation tidak bisa dibunuh dengan senjata biasa, mereka harus dibunuh dengan senjata khusus kaliber karena untuk mematikan 2 jantungnya.
Deucalion memang ingin membunuh Helios tapi dia sudah diprogram tidak akan pernah melakukannya sendiri perlu bantuan O'Connors dan Michael. Randall 6 yang autism melarikan diri dari House of Mercy untuk bertemu dengan Arnie, yang juga autism. Randall ingin mengetahui apa artinya kebahagiaan, karena dia melihat Arnie yang tersenyum di koran. Randall berhasil menyusup ke rumah O'Connors dan nyaris membunuh Arnie. O'Connors berhasil membunuh Randall.
Cindy and Ben; the New Race merupakan killing machine; bertugas untuk membunuh O'Connors dan Michael. mereka pun berhasil mengikuti O'Connors dan Michael; masuk dan menyerang mereka. Untung Deucalion datang membunuh Cindy dan Ben; namun mereka rupanya tidak mati.
Pendeta Duchet dan LeVett dibunuh oleh Deucalion dan dia menuju Bio Machine Lab/ House of Mercy kepunyaan Helios. Pada akhirnya Deucalion bertemu muka dengan Helios secara sekilas, namun tidak diceritakan lebih lanjut apa yang terjadi. Mungkin akan dilanjutkan di buku ke tiga.
Mengingat situasi yang gawat, Deucalion membawa Arbie ke Tibet untuk diselamatkan dari amukan Helios. Dia kemabali lagi ke New Orleans untuk bahu membahu dengan O'Connors dan Michael membunuh Helios aka Frankenstein.
Erika 5, istri ke 6 Helios nampaknya hampir mempunyai nasib yang sama dengan para Erika sebelumnya, bertemu dengan bentuk baru Hawker, diakhir cerita buku ini.



0 Comments:

Post a Comment

<< Home