Selamat jalan my dearest friend

Wednesday, June 29, 2005


Hari ini mungkin hari terakhir saya bertemu dengan Sister Bahiya... Beliau sekeluarga akan pulang berlibur selama 3 bulan ke South Africa mengunjungi sanak keluarganya. Sister Bahiya adalah istri Imam Masjid Bellevue. Beliau baik sekali, ramah, tidak pandang bulu memilih teman, tutur katanya sopan dan menyejukkan hati.

Pertama kali bertemu beliau sekitar 3 tahun yang lalu, kala itu saya ingin sekali memperbaiki tajwid Qur'an dan saya ingin seseorang yang bisa membimbing saya. Dengan malu dan sungkan, akhirnya saya memberanikan diri bertanya kepadanya. Alhamdulillah, beliau dengan senang hati mau menerima saya private lesson meski jadwal sehari-harinya sangat padat baik di masjid Bellevue dan Medina Academy Islamic School. Akhirnya seminggu sekali di bulan Ramadhan 1423 H saya datang ke rumahnya, kami berdua kian akrab, cerita keluarga, cerita agama dan cerita macam-macam seperti layaknya kawan akrab....tidak ada lagi rasa sungkan meskipun beliau istri imam yang tinggi pengetahuan agamanya. Walau bagaimanapun saya tetap menghormati beliau sebagai guru. Disela kesibukannya kadang beliau khusus datang ke rumah saya dan melihat saya sedang mengerjakan quilt. Beliau senang sekali dengan hasil karya saya... kala itu saya sedang mempersiapkan salah satu quilt untuk mengikuti Quilt Festival di Puyallup, Washington.

Sejalan dengan waktu, kami jarang bertemu karena kesibukkan masing-masing, tapi persahabatan kami tidaklah putus begitu saja, kadang saya berbagi makalah pengajian dari Ustd Joban versi bahasa Inggris, berbagi makanan Indonesia, dan membuatkan knitting shawl untuknya dll. Singkat cerita, tadi siang saya berkunjung ke apartmennya, hampir kosong, sudah penuh kotak-kotak untuk disimpan di Public Storage...sedih saya melihatnya. Saya sengaja tidak membawa hadiah karena rasanya seperti perpisahan saja, hanya 'Thank You' note.... dari hati saya yang terdalam, how appreciate and lucky I'm to have her as my dearest sister in Islam and my best mentor in Qur'an recitation. Kami berdua merenung sesaat, tak terasa kami berdua terharu dan gembira juga. Beliau masih sempat membuatkan snack kegemaran saya diantara kesibukan mengosongkan apartmen. Saya masih ingat ketika hari pertama private lesson datang ke rumahnya, beliau memberikan Qur'an yang bagus sekali dan berkata:

Recite this du'a before you start: Ya Allah, make it easy for me and do not make it difficult, and let me complete it in goodness.

Rasulullah saw said: "One who is well versed in the Qur'an will be in the company of those angels who are scribes, noble and righteous; and one who falters in reading the Qur'an, and has to exert himself in learning, receives double the reward."

Selamat jalan.... have a nice trip my dear friend. May Allah SWT always protect you and your family. Amien...



0 Comments:

Post a Comment

<< Home