Blueberry picking

Thursday, July 28, 2005


Hari yang dinanti tiba, akhirnya aku ama teman Malaysiaku janjian mau metik blueberry di Bellevue Farm; letaknya antara Main St dan 148th Ave NE. Perkebunan ini luasnya 14 acrees dan milik city of Bellevue.

Sudah bertahun-tahun sejak saya datang ke Bellevue, perkebunan ini disewa oleh keluarga Vietnamese. Berhubung temenku suka metik blueberry tiap tahun, jadinya dia sudah kenal dengan salah satu penyewa kebun ini, Mr Cho.

Hari ini masih panas seperti hari-hari sebelumnya, masih diatas 80F, jadi kami bergegas pergi sebelum hari terlalu panas dan terik. Saya sendiri sudah bersiap-siap dengan baju yang katun lengan panjang, pakai sunscreen SPF 30 dan topi lebar yang menutupi muka... pokoknya seminimal mungkin kena sinar matahari. Ga lupa bawa minum juga, pasti bakal haus..

Jam 10.30 pagi kami sudah berada di farm, mendaftarkan diri dan masing-masing mengambil satu bucket untuk tempat blueberrynya. Buah yang dipilih harus matang dan berwarna ungu kehitaman; kebetulan buahnya lumayan banyak yang sudah matang di pohon dan ukurannya besar pula. Kalau yang belum matang warnanya kehijauan dan kecil-kecil.

Hari itu rupanya ramai juga yang memetik blueberry, kulihat banyak anak-anak kecil beserta orangtuanya, juga ada kelompok anak-anak dalam rangka summer day camp. Maklum summer time berarti libur panjang sekolah, harus ada kegiatan untuk anak-anak.

Satu jam berlalu, tak terasa saya sudah memetik 2.6 pound (kurang lebih 1/8 bucket ...hikkkss) dan badanpun sudah basah dengan peluh karena panas. Kulihat ada bapak tua tidur dibawah pohon blueberry, mungkin saking lelah dan terik hari itu, jadi tidur di bawah pohonpun jadilah.

Kami beristirahat sejenak di pendopo kayu, sungguh nyaman dengan angin sepoi-sepoinya dan sempat berkenalan dengan anak Russian, instant friend, Marie. Dia pun datang sekeluarga untuk memetik blueberry...wow lumayan mereka dapat banyak sekali.. lebih dari 2 buckets.

Sebelum pulang, kami sempat melihat-lihat macam-macam sayuran dan buah-buahan segar dijual disitu. Umumnya yang menarik pengunjung adalah blueberry itu sendiri dan ada raspberry. Memang murah sekali dibanding di supermarket. Satu pound blueberry kalau di perkebunan ini harganya $1 sedangkan di supermarket $4.99. Memang mahal karena tenaganya, sayapun bisa membayangkan kalau pemetik blueberry yang bekerja setiap hari berjam-jam dibawah terik matahari.... wuahh kasihan betul.

Akhirnya jam 12 siang kami pulang dengan hati puas dan senang... satu jam menjadi pemetik blueberry.... cukup sudah..ga mau lebih lama dari itu... telerrr



1 Comments:

At 1/13/2009 05:35:00 PM, Blogger Sandika said...

nompang comment ya mbank..
saya jd iri deh liat mbank bisa petik blueberry sendiri, di indonesia mana ada tuh.
thanks

 

Post a Comment

<< Home