Menang arisan sambil berbuka puasa

Tuesday, October 25, 2005


Masih sekitar tema berbuka puasa, tapi kali ini lain dari yang biasa. Bulan ini aku menang arisan dari keluarga besar Jambi. Biar di US juga tetep aja main arisan, kebudayaan ibu-ibu kita tempo doeloe... tapi mainannya sekarang pake US$.
Berhubung acaranya di bulan puasa, jadi aku ama Tante Jambi mengatur menunya lumayan banyak; soalnya tamu bakal kira-kira hampir 60 orang termasuk anak-anak. Acara diadakan di rumah Tante Jambi di Bellevue.


Aku kebagian diminta masak Ayam Bumbu Bali untuk makanan utama dan Pempek Lenggang untuk makanan ringan selepas shollat tarawih.

Hari yang dinanti tiba, aku tiba jam 5.45 sore karena waktu berbukanya jam 6.10 sore. Enaknya kalo berbuka puasa bersama, ga ada yang telat dateng, soalnya mereka kan pengen cepet-cepet batalin puasanya. Jadi bener aja, ga lama para tamu dan makanan aneka macampun berdatangan. Masya Allah banyak buangethh makanan seperti layaknya mau makan-makan di pengajian Assyifa, ini sih bisa sampai sahur time acara makan-makannya kekekek....






Untuk berbuka ada Kurma, Bijiya India, Banana Bread, Godo-godo Pisang, Lumpia, Bolu Kelapa. Minumnya ada teh panas manis, kopi Jambi dan es buah.
Makanan yang ada Nasi Kuning Minyak, Ayam Bumbu Bali, Kari Kambing, Ayam Semur, Ayam Opor, Rujak Jambi, Perkedel Kentang, Balado Telor, Roti Chapati, Acar nenas, Selada Sayur Jambi.
Dessert ada Kue Lapis, Kue Lupis Ketan komplit dengan kinca gula merah.
Makanan abis tarawih Mie Baso kuah komplit dan Pempek Lenggang.



Acara berbuka dimulai dengan aneka makanan pembuka; bapak-bapak dan ibu-ibunya dipisah dan kami masing-masing diberi makanan yang sama. Selepas shollat Magrib barulah kita makan menu utama. Kita makan ala lesehan, duduk di bawah, makan pake tangan jadi suasana tambah akrab. Alhamdulillah sedapnya, ga ada deh ini tiap hari menu kayak gini.





Abis makan, kue lupis pun diserbu oleh peserta. Wah...siapa cepat dia dapat nih agaknya. Lupisnya ueenakk dan authentic. Aku aja makan 2 buah trus nge-ziplock 5 buah. Supaya makanan ga mubazir, akhirnya para ibu pun ramai berziplock. Lumayan kan buat sahur atau ifthar besoknya.






Setelah istirahat sejenak, nah baru deh go down to business... bagi-bagiin duit arisan. My hubby udah punya romantic plan nih buat wifenya... twink..twinkk ^-^. Bulan depan kedapetan di Federal Way...

Acara dilanjutkan dengan shollat Tarawih dan selepas itu makan lagi... mie baso komplit dengan pempek lenggang. Saking banyaknya makanan, kita ampir kehabisan air putih huehue.... Terus lucu juga ternyata kalo orang-orang kekenyangan, pada lupa bawa barangnya masing-masing... ketinggalan selendang, tas, piring, salah ambil jaket.... heheheh... Kami pulang jam 11.30 malem, bantuin beres-beres tuan rumah dulu. Capeknya jangan ditanya deh... ga bisa langsung tidur, sahur jam 5.45 pagi, shollat subuh terus bablas tidur sampe jam 1.00 siang....



4 Comments:

At 10/25/2005 12:50:00 AM, Anonymous Anonymous said...

aduh...gw ngiler abess ngeliat makanan berbukanya yang sedap.. Salam kenal dan met berpuasa ya..

 
At 10/26/2005 05:59:00 PM, Blogger BundaZidan&Syifa said...

ya ampun ini mah kayak pesta ngawinin, bukan cuma buka bersama, hehehehehe...

 
At 10/26/2005 08:21:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Waduhh..berbuka puasa aja makanannya udah buanyakk banget dan macem-macem...apalagi kalau Lebaran? Ditunggu cerita-cerita makanannya. Ternyata seneng juga ya berpuasa di rantau...

 
At 10/26/2005 11:13:00 PM, Blogger BundaZidan&Syifa said...

teteh, ya Allah, kita kan pernah imel2an jaman dulu :D inget gak?

 

Post a Comment

<< Home