Ketika Tahoo Master beraksi

Sunday, December 11, 2005


Siapa hayoo yang gag tau tahu alias tofu? Apalagi kalau kalian nge-fans ama makanan tahu. Saya pribadi penggemar tahu; karena enak, gampang kalau dibuat macam-macam, healthy protein nabati terbuat dari soy beans, dan low in fat.

Saya ngertinya beli, goreng dan makan; tak pernah terpikir bagaimana cara membuatnya. Sampai pada suatu hari salah satu murid cooking class Mami S'pore menawarkan diri untuk naik panggung, mengundang kami mendemonstrasikan pembuatan tahu serta menamakan dirinya The ATM.. The A Tahoo Master. Kenapa tahunya istimewa ya? Soalnya selain homemade, dibuatnya natural, segar, non-OGM, nutritious, halal dan organically processed.

The ATM, a director sekaligus chef utama mulai membagi-bagikan tugas kepada mama-cat, kakak manja ulu kayangan, mommy BC dan kakak manja number 2 untuk saling koordinasi. Akhirnya diputuskan kegiatan dilaksanakan di Bukit Kayangan Issaquah Resort untuk lebih menunjang proses pembuatan tahu... the ATM berjanji bikin Tahu Sumedang dan mengolah menjadi 5 macam makanan yaitu Tahu Gejrot, Tahu ATM Signature, Tahu sayur Asinan Bogor, Ketoprak Tahu, Air Tahu bermacam-macam rasa dan Smoothie Tahu rasa Strawberry, rasa durian. Menu tahu sengaja dipilih dari kampung halaman tanah Sunda pak ATM dan kampung mama-cat supaya lebih authentic.







Untuk tambahan menu, tuan rumah membuat lontong daun pisang untuk ketoprak, nasi lemak yang dipadu dengan sambal teri, telur rebus plus ayam goreng buatan mama BC. Duuhhh nikmaaatt.... tak terasa 3 piring saya makan, padahal belum makan tahu?? Kakak manja # 2 membawa Kim Chee dan gigantic vitnamese spring roll. Tak ketinggalan signature dessert pumpkin pie kayangan dan dessert india.. gulab jamun yang super muanisss. Oh iya...tak lupa nasihat mami s'pore untuk menghias makanan biar presentasinya cantik dan menambah selera.


Saya tiba di tempat jam 3.00pm, kulihat the ATM udah beraksi dengan mesin pembuatan tahunya. Kontan dapur resort disulap menjadi kilang tahu, kudengar suara mesin rooorr...rooorrr sedang sibuk menggiling soy beans menjadi air tahu. Murid-murid terkesima melihat proses pembuatan tahu ini... oohh...aaahh dan sibuk bertanya pada ATM.


Menu pertama keluar, air tahu atau kalau kita bilang soy milk drink. Saya coba dikit yang masih tawar... wuiihh enak lho, so creamy and fresh. Kemudian the ATM memberi alternatif aneka rasa air tahu, bisa dicampur vanilla, hazelnut, honey.. ini lebih enak lagi.. jadi ketagihan deh.. saya minum 3 gelas nih.. wah serasa tambah sehat dan awet muda ..yeeeaayy..

The ATM kembali sibuk untuk next step proses pembuatan tahu. Sebagian air tahu yang masih mentah dimasak dan diproses supaya matang. Setelah itu dimasukkkan ke dalam cetakan tahu, diperas airnya dan dibiarkan beberapa lama. Tak lama tahunya jadi lho dan baunya...waduuhhh TAHOE SUMEDANG asli teman-teman. Bahkan my hubby pun angkat jempol..."Iya..ini tahu sumedang, jadi inget di Bandung dulu," wehhh.








Sebagian tahu mulai digoreng untuk bikin tahu gejrot, tahu ketoprak, tahu asinan dan tahu signature. Sementara ini hiburannya bukan lagu-lagu Sunda atau kacapi tetapi.. Hindi Bollywood movie. Saya gag ngikutin movienya karena sibuk di dapur tembak-tembak gambar dan bantu sebisanya the ATM. Sambil bikin tofu pak ATM bercerita tentang kecintaannya sejak lama pada tahu di Indonesia sampai-sampai belajar bikin, invest, jatuh bangun untuk perfection tahu sumedangnya.


Setelah bertempur di dapur 4 jam lamanya, akhirnya kami semua menikmati hidangan tahunya. Ternyata kalau tahu homemade ini lebih padat dan tasty; jadi makan 3 potong aja udah mulai kenyang. Dan untuk dessertnya ada smoothie tahu strawberry dan durian; wahh anak-anak udah pada nagih dan ngantri minta jatah.


Malam itu kami semua enjoy dan kulihat Master Tahoo nampak penaattt.... duh kasihan; moga-moga gag tersesat keluar resort yah dan gag kapok ngasih makan students yang antusias. Who's the most antusias student? Jawabannya kakak manja dari kayangan.. Kami tinggal sampai jam 11.00 pm, sebelumnya bantu beres-beres kilang dulu, seperti biasa my hubby dengan baik hati turun ke dapur...cuci piring....






Tak ketinggalan Comel the cat and anak tuan kayangan terlibat dalam kesibukan kilang tahu. Sebelum undur diri dari panggung, tolooong...mama-cat maoo makan tahoo.

Next time apa hayoo...the ATM mau buat TEMPE.. since tofu and tempe still related to each other. Ditunggu sesion berikutnya... the ATM.... A Tempe Master...



7 Comments:

At 12/12/2005 08:04:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Aduuh Teteh... tahu sumedang?? Mana tahan.... kirim donk tahu masternya ke SF... Gw juga doyan tahu lho

 
At 12/12/2005 08:50:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Makasih sudah di kasih kesempatan "show off". Klo gurih rasanya dan wanginya sih "boleh tahan" deh, tapi penampilan masih rada kurang tuh. Memang sy nggak buru buru "nyitak" nya sih. Abis banyak ngobrol dan sambil dengerin lagu paporit "mere ge hese" terus. Di SF katanya mau ada acara psr senggol, jual makanan jalanan ya? Waah sy bisa ikut jualan goreng tahu isi di pinggir jalanan juga tuh.

 
At 12/13/2005 08:13:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Daftar jadi studentnya pak ATM donk? Saya pingin tahu sumedangnya apalagi klo yg authentic..... Andaikan tinggal di Seattle ;(

 
At 12/14/2005 04:03:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Mama Cat, mau dong tahunya disini tahunya cuma satu macam: tahu putih! Bosen deh...Susah ga sih bikin tahu? Jadi pengin tahu nih...minta bocorannya dong ;)

 
At 12/17/2005 01:08:00 AM, Blogger Wina said...

Aku pengen tofu strawberry smoothiesnya.. wuaaah.. jd ngiler...

 
At 12/19/2005 04:10:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Tahu sumedang .. wowww .. mau dongg .. itu mah makanan kebangsaanku .. soalnya ibu kan orang sunda-sumedang. Biasanya tiap lebaran pasti ke sumedang, tak lupa maem2 tahu sumedang panas2 hmm ..

 
At 12/20/2005 05:08:00 AM, Blogger BundaZidan&Syifa said...

teteh...
aduh eta tarahu tarahu, haraneut haraneut.. mau dong teh resepnya...

ih si teteh mah ngabibita wae...

 

Post a Comment

<< Home